Jumat, 10 September 2021

CHAT NETWORK PROGRAMMING

 CHAT NETWORK PROGRAMMING💻

Assalamualaikum,Wr.Wb 

Hallo sahabat ngoding artikel kali ini membahas mengenai interaksi berupa chatting antara client dan server pada materi network programming untuk lebih jelasnya penjelasannya ada dibawah ini :

Alat dan Bahan yang digunakan adalah PC/ laptop yang memenuhi kapasitas untuk network programming yakni kemampuan untuk menjalankan java dan editor netbeans.

Socket TCP : Java menyediakan obyek Socket dan ServerSocket untuk komunikasi soket TCP. ServerSocket digunakan pada sisi aplikasi server, sedangkan Socket digunakan baik pada sisi aplikasi server maupun client. 

Berikut adalah langkah-langkah membuat komunikasi socket di server:

 1. Buatlah sebuah objek ServerSocket. Konstruktor ServerSocket memerlukan port number (1024-65535) sebagai argumen. Sebagai contoh : ServerSocket servSock = new ServerSocket(1234); Server akan menunggu koneksi dari client pada port 1234 

 2. Server dalam kondisi menunggu (listen). Operasi ini pada intinya menunggu permintaan koneksi dari sisi client. Socket link = servSock.accept(); 

 3. Buat input dan output stream. Stream ini digunakan untuk berkomunikasi dengan client. Objek InputStreamReader digunakan untuk menerima respon dari client. Sedangkan PrintWriter untuk mengirimkan data ke client. 

BufferedReader in = new BufferedReader(new InputStreamReader(link.getInputStream())); PrintWriter out = new PrintWriter(link.getOutputStream(),true);

 4. Saling berkirim dan menerima pesan. Gunakan method readLine() untuk menerima data dan method println() untuk mengirim data. out.println("Message " + numMessages + ":" + message); message = in.readLine(); 5. Menutup socket Link.close(); 

1. Buka Aplikasi netbeans

2. Buat Sourcode untuk ChatServer seperti dibawah ini : 

Penjelasan sourcode :

a. merupakan library yang digunakan untuk membaca input dan output seluruh masukan dan keluaran.dimana bintang ini berfungsi untuk menggunakan semua fungsi yang ada untuk java.io

b. Digunakan dalam Membuat suatu Komunikasi Jaringan dalam sebuah program yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java. yang berisi kelas kelas yang di perbolehkan untuk berkomunikasi

c.   merupakan nama dari kelasnya

d.  private static serversocket= fungsi dalam kelas chat server

e.   merupakan nomor port server, berfungsi supaya dapat berkomunikasi dengan client

f.  merupakan teks utama untuk menampilkan teks pada layar

g.    digunakan agar nomor port nya dibuka

h.     try = sebuah percobaan dalam program kode yang ada pada java

i. merupakan panjang antrian maksimum untuk koneksi  yang akan datang berdasarkan pada parameternya

j. merupakan suatu fitur pada java yg dikhusus untuk menangani suatu kesalahan atau error pada suatu listing program.

k.  digunakan untuk menampilkan ke layar

l. do ini digunakan untuk mengerjakan pernyataan yang berulang ulang

m.  run = digunakan untuk menjalankan suatu program

n.  well= berfungsi untuk memproses proses selanjutnya

o.  private = untuk menampilkan program yng akan dijalankan

p.  socket line = digunakan untuk pertukaran data

q. Buffle = digunakan untuk membuat subjek baru dengan mengirim parameter

3. Membuat source code ChatClient seperti dibawah ini :


1.     a. Bangun koneksi ke server. Buatlah sebuah objek Socket, yang mempunyai konstruktor dengan dua argumen:

 • IP address server

• Port Number Port number untuk server dan client haruslah sama.

 Socket link = new Socket(InetAddress.getLocalHost(),1234);

2.  b. Buat input dan output stream. Stream ini digunakan untuk berkomunikasi dengan client. Objek InputStreamReader digunakan untuk menerima respon dari client. Sedangkan PrintWriter untuk mengirimkan data ke client.

BufferedReader in = new BufferedReader(new

InputStreamReader(link.getInputStream()));

 PrintWriter out = new PrintWriter(link.getOutputStream(),true);

3.    c. Saling berkirim dan menerima pesan. Gunakan method readLine() untuk menerima data dan method println() untuk mengirim data. out.println("Message " + numMessages + ":" + message); message = in.readLine();

4.    d.  Menutup socket Link.close();


44  4. Hasil dari program yang telah dibuat

b        

Program sudah dapat dijalankan dan sudah selesai semoga membantu, terimakasih...






                                 ~SEMOGA BERMANFAAT💓💕💖~